0

Pelatnas I (3)

Monday, August 12, 2013

Saat sampai di wisma pada malam hari, saya mendapati ternyata di deretan kamar yang saya tempati tampak ramai. Anak komputer yang dijadwalkan baru memulai pelatihan tanggal 28 Oktober, ternyata menempati deretan kamar belakang juga, yang diatasnya terdapat ruang kelas SMP BPP.
Memasuki minggu-minggu pertengahan, sudah mulai banyak kegiatan senggang bersama. Yang paling umum adalah main bola di lapangan sekolaha yang terletak di samping wisma.

Senin, 29 Oktober 2012. Senin kala itu diawali dengan terendamnya ponsel saya di ember cucian, yang berakibat ponsel tidak bisa dinyalakan -_- . Sesi 1 dan 2 seperti biasa diisi oleh bu Djulia dengan soal-soal yang kami perbuat. Kalau tidak salah minggu sebelumnya (tanggal 22) beliau juga memberi tugas untuk merangkum materi dari salah satu dosen untuk kemudian dikumpulkan ke beliau sebagai nilai juga. Tugas ini adalah tugas kelompok (berdua) dan pembagiannya berdasarkan urutan peringkat kemarin (dengan sedikit perubahan). Saya sendiri dan partner saya, dapat tugas untuk merangkum materi dari bu Lia. Sementara nilai-nilai dari tes bu Djulia dikumpulkan dan dihimpun oleh kelompok yang mendapat bagian untuk merangkum beliau sendiri.
Sesi kedua seperti minggu kemarin, pak Aep. Pertemuan terakhir dengan beliau di kesempatan kali itu dijadwalkan dengan membahas sifat-sifat gas, dan kemudian dilanjutkan dengan tes di sesi keempat. Sebelumnya kami diajak menonton film dari notebook beliau. Film tersebut berkisah tentang sejarah kimia (atau fisika?) modern, yang secara umum tentang perkembangan teori mekanika kuantum. Saat membersihkan kacamata karena agak buram, tiba-tiba bagian tengahnya patah, alhasil saya tidak bisa menikmati film yang disuguhkan.
Soal yang diujikan mencakup rangkuman materi yang diberikan selama 3 kali pertemuan oleh beliau, dan bersifat open book.

Selasa, 30 Oktober 2012. Hari selasa ini sama dengan minggu kemarin, sesi 1 dan 2 diisi oleh pak Vei, yang membahas lebih jauh tentang teori orbital molekul, dan sempat membahas persamaan Schrรถdinger. Saya yang sebenarnya tertarik karena penasaran, harus kecewa karena dari belakang tidak terlihat secara jelas akibat miopi. Nasib.
Sesi 3 dan 4 diisi bu Lubna, dan karena pertemuan terakhir dengan beliau, maka ada tes. Awalnya beliau memberi kami fotokopi kumpulan soal dari sebuah buku, untuk latihan. Kemudian dari kumpulan soal itu kami disuruh mengerjakan nomor tertentu untuk selanjutnya dimasukkan nilai.

Rabu, 31 Okober. Praktikum pertama di pelatnas kali ini. Praktikum dilaksanakan di lab BSC-A ITB (kalau tidak salah). Selama praktikum kami dibimbing oleh bu Deana dan beberapa asisten laboratorium.  Sebelum praktikum kami diberi modul yang berisi panduan dan teknik umum serta 8 jenis praktikum. Hari itu dilaksanakan 4 jenis praktikum dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok. Satu kelompok mendapat praktikum tentang distilasi campuran alkohol-air dan isomerisasi asam maleat, serta satu kelompok lagi mendapat praktikum tentang titrasi minuman isotonik dan penentuan kadar garam dapur. Karena ini baru latihan, beberapa orang (termasuk saya) bekerja sama dalam praktikum guna menghemat waktu dan tenaga. Saya sendiri kebagian bagian pertama untuk isomerisasi asam maleat dengan menggunakan katalis asam. Untuk distilasi saya bekerja sama sehingga tidak memakan tempat dan waktu karena distilasi memerlukan waktu lama.
Praktikum sesi 2 bagian saya mendapat titrasi. Praktikum ini sebenarnya sebentar dan tidak perlu waktu lama, namun karena 'bawaan' dari praktikum 1 yang belum selesai, maka harus tertunda, bahkan hampir tidak selesai. Untuk titrasi minuman isotonik, yang digunakan adalah Pocari Sweat, beberapa anak sempat meminumnya di lab walaupun dilarang. Kemudian praktikum yang saya  tidak bisa selesaikan sempurna adalah analisis garam dapur. Saya memutuskan untuk mengulangnya di pertemuan selanjutnya.
Kami diberikan tugas untuk membuat laporan praktikum untuk selanjutnya dikumpulkan. Untuk meyakinkan diri, malamnya saya sempat pergi ke supermarket dan menengok kaleng pocari sweat serta mencatat kandungannya.
Ponsel saya berhasil kembali hari ini, alhamdulillah.

Kamis, 1 November 2012. Saya lupa ada apa tanggal ini. Soalnya buku catatan tidak konsisten dengan jadwal -_- kalau tidak salah bu Santi berhalangan hadir dan digantikan oleh kak Han, dengan soal-soal analitiknya.
Sesi 3 dan 4 diisi oleh bu Irma, dan ada test. Awalnya beliau sempat memberikan materi senyawa kompleks kemudian setelah shalat Ashar ada soal yang harus kami selesaikan dan dimasukkan sebagai nilai. Minggu sebelumnya beliau juga memberi kami tugas untuk menggambar diagram orbital molekul CO2 dan baru dikumpulkan di pertemuan ini.

Jumat, 2 November 2012. Sesi 1 dan 2 diisi bu Ciptati yang memberikan tes. Tesnya secara umum mencakup asam-basa, kelarutan, dan redoks. Setelah itu istirahat dan shalat Jumat.
Kalau tidak salah sesi 3 dan 4 diisi oleh bu Djulia lagi, jadwal mulai membingungkan ._. Di kesempatan ini soal saya keluar, ternyata lebih dari 20 orang yang dapat nilai sempurna. Hari ini juga sial, saya mendapat nilai 0 untuk unsur belerang, karena tidak terpikir kalau fluorin 'dianggap' tidak berwarna ._. Dari hasil rekap nilai sejauh itu, saya menduduki peringkat 22 dari 28 siswa ..

Sabtu, 3 November 2012. Kali ini sesi 1 dan 2 dengan kak Zul. Beliau memberikan latihan soal kepada kami dan beberapa siswa ditunjuk untuk maju mengerjakan ke depan. Saya sendiri dapat soal tentang tembaga sulfat. Karena kurang teliti, saya menjadi penghabis waktu paling lama (sepertinya) selama sesi kedua. Beliau juga membagikan kunci jawaban dari tes dadakan kemarin dan pada headingnya ditulis "Tidak jadi masuk penilaian" ahahah sebegitu hancurnya kah hasilnya... .-.
Sesi 3 dan 4 diisi kak Untung. Beliau memberikan sekian lembar soal-soal dalam bentuk kertas, mencakup kimia secara umum.

Minggu, 4 November 2012. Minggu saat itu anak kimia dijadwalkan ada outbound, bersama anak komputer. Outbound dilaksanakan di sebuah daerah, saya tidak tahu namanya, seperti sebuah taman kota. Outboundnya lebih mengarah ke permainan ringan untuk melatih kerjasama, dan softskill dan lain sebagainya. Secara umum permainannya menarik namun lokasinya kurang pas. Ada beberapa jenis permainan, yang paling sulit adalah yang lempar-tangkap bola, buka kunci (apalah namanya --) dan permainan aneh yang harus mengangkat sebatang besi dan semua orang harus menyentuh. Outbound selesai tengah hari dan sepulang outbound kami sempat diajak makan bersama (gratis) di d'cost BIP.

Demikian, mohon maaf lahir dan batin dulu deh ^^
...

0 Responses to "Pelatnas I (3)"