0

o-be-em 2013 tahap I

Friday, July 5, 2013

Assalamu'alaikum. Hai. lama ga muncul  :>
Jadi awal ceritanya saya berjibaku untuk daftar ulang di Universitas Indonesia pada tanggal 18 Juni 2013. Saya datang sekitar pukul 07.40 karena rumornya yang datang setelah jam 9 tidak dilayani. Singkat cerita saya duduk di Balairung, dapat nomor urut 648. Aktivitas ini mungkin memecahkan rekor pribadi sebagai duduk terlama tanpa aktivitas berarti (kecuali tidur dan lihat-lihat kesan dan pesan teman-teman yang ikut sbmptn melalui jejaring sosial). Lupa bawa suplai energi pula. Sempat ngobrol dengan orang di sebelah, anak fisika, setelah kami bersebelahan saling membisu selama 4 jam -_- Saya bertumpu pada pant*t dan kaki sejak pukul ~07.45 dan pada pukul 14.00 benar-benar baru bergerak meninggalkan tempat duduk, turun ke bawah. Setelah itu saya absen dan.. duduk lagi ...

Singkat cerita daftar ulang selesai pukul 15.30an. Setelah itu beberapa maba cek kesehatan di gedung PKM. Dari cek kesehatan ini hasilnya normal-normal saja, kecuali tekanan darah yang mencapai 130/100. Mungkin hasil itu didapat karena dari pagi hanya bertumpu pada pant*t dan belum makan apa-apa sehingga jadi darah tinggi -__- Setelah cek kesehatan kami dibawa keliling, ke stand MII kalau tidak salah, dan pengenalan PSAF.

Tanggal 21 Juni 2013 aalah OBM hari pertama. Saya tergabung di kelompok G-1B. Di kelas OBM ini hanya ada 10 laki-laki, mengingatkan ke kelas XII :'D Setidaknya ada satu teman saya di kelas XII yang kembali sekelas dan ada dua orang yang secara kasar 80% mirip dengan alumni 33 juga, yang dua-duanya sepotong namanya berhubungan dengan Al Qur'an ._.
Materinya adalah LS. Lokasinya di Fakultas psikologi. Jadi di LS kira-kira kami diajarkan untuk melatih keterampilan belajar baik secara individu maupun kelompok. Nah cara melatihnya bermacam-macam. Awalnya kami main bingo, untuk berkenalan satu sama lain. Kemudian kami diperkenalkan perbedaan antara sekolah di SMA dan kuliah, baik dari segi lingkungan, kurikulum, cara belajar, maupun tuntutan. Setelah itu kami belajar berpikir kritis, yaitu suatu berpikir  secara aktif, sistematis dan mengikuti prinsip-prinsip logika dengan mempertimbangkan segala aspek untuk mengevaluasi suatu informasi apakah informasi tersebut diterima, ditolak, atau ditangguhkan. Kurang lebih begitu yang kami dapat. Kegiatan LS ini tidak dijalankan dengan kaku, melainkan dengan berbagai permainan yang memacu perkembangan keterampilan belajar, sesuai namanya (learning skill). Secara umum OBM hari pertama sudah berjalan baik. Hanya saja saya tidak sempat makan karena ramainya kantin dan malas menunggu..

Tanggal 22 Juni 2013 adalah OBM hari kedua. Tempatnya di Fakultas Teknik. Hari itu saya telat, entah mimpi apa bangun-bangun sudah jam 8 lewat, yasudah dengan terburu-buru berangkat ke kampus. Dengan muka tembok yang belum kenal sepenuhnya sifat penghuni kelas saya nyelonong masuk dan sempat bercakap-cakap dengan dosen yang menjadi fasilitator pada hari itu. Akhirnya saya bergabiung dengan salah satu kelompok di kelas mengingat hari itu adalah jadwalnya untuk materi CL.
CL (collaborative learning ) adalah salah satu metode belajar yang akan diterapkan saat kegiatan perkuliahan nanti. Oleh karena itu kami diperkenalkan dan diarahkan untuk melakukan simulasi CL. Topik yang dibahas saat itu adalah pohon, lebih spesifiknya mengenai organ-organ pada tumbuhan, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah. Setelah melalui berbagai tahap, beberapa orang ditunjuk untuk presentasi. Good-lucknya, ada seorang anak FK dan alumni OSN biologi yang kena. Habislah materi itu dikupas tuntas.

Tanggal 23 Juni adalah hari Minggu. Saya pulang sebentar ke rumah, tanpa sempat mandi setelah dibangunkan oleh kecoa yang menempel di betis bagian kiri. Sore harinya baru kembali ke ‘homestay’.

Besoknya adalah materi IL (information literacy), perkenalan tentang bagaimana mendapatkan, serta mengolah informasi dari suatu sumber, serta pengenalan tentang perpustakaan pusat Universitas Indonesia. Tempatnya di Fasilkom, walaupun kami lebih sering berada di perpustakaan. Materi ini sangat berguna mengingat mahasiswa harus belajar sendiri mencari informasi sesuai kebutuhan studinya kelak. Hari ini kami lebih banyak melakukan aktivitas di luar kelas, bermain mencari jejak. Saya sendiri yang tadinya terdapat di sebuah kelompok saat games awal, kemudian kelompok tersebut dilebur dan saya masuk ke kelompok manuscript.
Singkat cerita kami ternyata ujung-ujungnya dapat bagian menceritakan naskah kuno (manuscript) sesuai dengan nama kelompok --" Pada akhirnya kelompok kami yang menggunakan nada lagu cinta satu malam sebagai yel-yel yang juga merupakan satu-satunya yel-yel yang memiliki antiklimaks pada bagian akhir ._. , memenangkan kategori presentasi terbaik :D Sayang sekali hadiahnya ternyata tidak seperti yang kategori yel-yel terbaik dan pemenang game awal yang dapat pin, kami dapat makanan -_- Sampai saat ini beng-beng yang saya peroleh masih terdiam rapi di tas. Yang membuat bahagia lainnya adalah ada tukang sate yang harga satu porsinya kurang dari ceban, enak nih kalau sering mampir :9

Besoknya adalah (kembali) materi LS., masih di kelas yang sama dan fasilitator yang sama. Kali ini lebih menekankan kepada keterampilan belajar berkelompok, seperti komunikasi, empati, dan mendengar aktif. Sama seperti pada hari pertama, kami lebih banyak bermain sambil belajar. Pada sesi komunikasi saya dapat bagian paling sial karena paling belakang. Gambar saya paling berbeda, wong tiap orang punya pemahaman beda mengenai geometri -_- Pada akhir sesi kami belajar kerja  kelompok dengan menggunakan permainan bisnis kapal. Kelompok saya keluar sebagai pemenang, hahaha, walaupun pada akhirnya kapalnya tidak dibawa si saudagar, tapi dibawa pulang oleh saya sendiri -_-
Hari ini sempat makan di kancil (kantin cikologi) setelah hari Jum'at kemarin tidak sempat makan disini (atau kata lainnya belum tau letaknya ._.).

Hari selanjutnya adalah materi PBL. Tidak jauh berbeda dengan CL, hanya saja saya tidak terlambat, dan sedikit berbeda sistemnya, kami diberi sebuah pemicu (yang sebenarnya sampai sekarang saya tidak mengerti ada masalah dimananya ._.) kemudian dari masalah yang kami temukan, kami membahas dan mempresentasikannya.
Oh iya, kembali pada saat CL, fasilitatornya sempat menunjuk saya.
Fas : " Nanti saya tunjuk seseorang untuk presentasi. Lihat mata saya, ini, lihat ini" (menguncupmekarkan tangan). Ya, kamu, presentasi."
M   : (muka bingung, jantung berdebar, angin seakan berhenti berhembus. alay-_-) "Saya, pak?"
Fas : "Iya kamu."
M   : " (masih tidak percaya akan kenyataan yang akan terjadi) Saya?"
Fas : " Iya kamu, ibu kita ini ibu kita. (mendekati perempuan yang duduk di sebelah saya)"
M   : "..."(dalam hati : Alhamdulilah)
Ternyata yang ditunjuk bukan saya :3
Kejdian ini hampir terulang di PBL. Kami yang sudah mengenal satu sama lain lebih akrab di hari-hari terakhir ini.
Fas : "Sekarang giliran kelompok yang pojok deh." (menoleh tepat ke arah saya) Ya maju !"
Beberapa anak meneriaki saya untuk maju.
Fas : " Yang cewek deh itu yang di pojok."

Walaupun tidak presentasi, saya dua kali berturut-turut berperan sebagai 'layar' presentasi. Satu kali presentasi sekitar 10-15 menit, kira-kira 20 menit-an saya membentangkan kertas, walaupun yang pertama berdua. Pegal, masabodoh yang penting tidak presentasi 3:D

Hari terakhir OBM adalah jadwal untuk IT-CML. Kami diperkenalkan tentang teknologi informasi yang ada di UI, mulai dari JUITA, SIAK NG, sampai ke SCeLE (emang begitu ya tulisannya bukannya saya alay ._.) Secara umum saya lebih banyak dapat pengetahuan disini dibanding hari-hari sebelumnya. Saat awal-awal sebelum materi dimuali, beberapa anak meng-google nama nama teman. Iseng sekali, saya juga kena hahaha untung tidak keluar yang aneh-aneh. Di tengah sesi kami main game yang berjudul uang. Intinya disuruh membuat poin sedemikian rupa sampai nominal tertentu sesuai instruksi. Pada bagian kedua, lebih dari setengah kelas curang karena melebihi nominal yang dibutuhkan (demi kekompakan wkwkwk). Akhirnya dihukum dengan menyanyikan lagu anuku ada lima -_- dengan salah seorang sebagai pemimpin (saya -_-), dan salah seorang lagi laki-laki menari balet, ahahahah v._.

OBM berakhir dengan antiklimaks bagi saya. Tidak perlu diceritakan, tidak penting. Padahal sampai sebelum istirahat Zuhur saya masih menyatu dengan kelas.

Tiga hari berikutnya adalah jadwal untuk latihan padus untuk seluruh maba. Hari selanjutnya saya absen tanpa izin karena mengambil ijazah. Kemudian tanggal 29 dan 30 saya baru sempat mengikuti latihan padus.


Mungkin sekian :3 pos ini sewaktu waktu akan diupdate atau ditambah link-link :>
mohon maaf kalau tidak jelas, sama seperti penulisnya -_-

Wassalamu'alaikum


0 Responses to "o-be-em 2013 tahap I"